Jangan Sepelekan Menu Makan anak, Membuat Menu Makanan Anak

nutrisi-untuk-anak
sumber: homeremediescures.com

Bagi seorang ibu, memiliki anak yang cerdas dan bertumbuh dengan baik menjadi suatu keharusan. Terkadang untuk mencapai itu mereka berpaku pada panduan konsumsi harian anak. Banyak ibu yang kesulitan mengatur menu makan anak, apalagi bagi anak yang nafsu makan yang berubah ubah. Sering kali si ibu terlanjur memaksakan anak untuk makan sesuai dengan pacuan asupan kalori harian bukan mengikuti pola konsumsi anak.  Mereka lupa bahwa setiap anak terlahir spesial, setiap anak memiliki aktifitas yang berbeda begitu pun dengan kebiasaan makannya sehingga kebutuhan kalori nya pun berbeda. Patokan asumsi kalori dan nutrisi harian hanya berupa angka-angka, lebih dari pada itu yang paling penting adalah mengerti keinginan anak.

Lalu bagaimana cara ibu mengkombinasikan keinginan anak dengan acuan kebutuhan kalori anak? Pertama kita harus menyadari dulu pentingnya kebutuhan nustri bagi anak, kurangnya nutrisi dan zat gizi menguras simpanan energi di dalam hati dan otot sehingga metabolisme tubuh anak kurang optimal, hal ini ditandai dengan berat badan di bawah normal. Jika berat badan anak di bawah rata rata, sebaiknya ibu segera merubah pola makan anak tentunya dengan tujuan meningkatkan berat badan anak. Tentu tidak mudah membujuk anak untuk meningkatkan porsi makan nya, disini ibu harus memiliki keinginan yang kuat untuk memperkaya pengetahuan tentang bahan pangan dan cara mengolahnya.

Sumber energi utama berasal dari karbohidrat, selain nasi putih sumber karbohidrat kompleks bisa ibu peroleh dari beras merah, sebagai pelengkap atau pengganti nasi bisa juga dikominasikan dengan jenis umbi umbian seperti ubi jalar, kentang, singkong dll. Selain karbohidrat protein  dan lemak juga dibutuhkan untuk perkembangan tubuh anak. Protein hewani yang bersumber dari telur dan daging dagingan juga protein hewani yang besal dari kacang kacangan. Tidak lupa serat dari sayuran dan buah buahan yang sangat di butuhkan untuk menunjang kesehatan anak. Selain itu dibutuhkan nutrisi penopang seperti kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta lemak sehat dan vitamin B untuk menunjang kecerdasan. Zat zat gizi tersebut tidak bisa berdiri sendiri sendiri, agar bermanfaat bagi tubuh anak kesemua zat tersebut harus dikombinasikan sehingga kebutuhan nutrisi harian anak bisa terpenuhi.

Agar anak tidak bosan, buat menu makanan harian beserta jadwal makan yang teratur tiap harinya. Di awal mungkin akan sedikit kesulitan untuk membagi bahan makanan. Agar bahan makanan tidak cepat rusak, ibu bisa berbelanja seminggu sekali usakan bahan makanan yang si stok perminggu bisa habis dalam waktu seminggu. Di awal ibu sebaiknya ibu membeli bahan makanan dalam porsi kecil agar tidak mubazir. Lalu bagi bahan makanan per menu, simpan bahan makanan di frizer terutama bahan makanan yang mudah busuk seperti daging. Untuk sayuran agar tidak cepat layu ibu bisa membungkus nya dengan koran bekas atau plastik. Tidak mudah dan butuh perjuangan memang untuk menyiapkan kesemuanya, selalu ingat bahwa perjuangan ibu saat ini adalah investasi untuk anak anak kita di masa yang akan datang.

Penulis: Lia Suratna

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s