7 Fenomena Aksi Demo 4 November yang Harus Kamu Tau

UNJUK RASA FPI
ilustrasi aksi demo 4 November (sumber : Okezone)

Hampir seminggu sejak aksi 4 november yang menyita perhatian seluruh rakyat Indonesia. Sebuah fenomena yang cukup fantastis, terhitung hampir  lebih dari 2.000.000 rakyat dari seluruh daerah yang berkumpul di ibu kota, meskipun aksi seperti ini pernah terjadi sebelumnya di tahun 1998 yang berhasil melengserkan sang kepala Negara, pun menjadi aksi paling heroik di masa itu dan menjadi  bagian sejarah dari bangsa ini. Aksi demo yang mengubah wajah Indonesia seperti yang bisa kita lihat sekarang. Semua berawal ketika video ahok viral di media social.

Video kontroversial yang diunggah oleh Buni Yani, salah satu dosen London School tersebut menimbulkan reaksi yang beragam, kecaman dari berbagai pihak terutama Ustad, Kyai, Ormas Islam, bahkan MUI. Perdebatan di media social pun cukup memanas antara yang pro dan  kontra dengan aksi ini. Aksi 4 november juga menggiring Ahok untuk mempertangungjawabkan perkataannya yang dianggap telah menistakan Al-Quran. Proses pemeriksaan pun terus bergulir, namun jika di telaah lebih dalam ada beberapa hikmah dari aksi 4 november 2016 yang mungkin kita tidak kita tahu.

Menjadi rejeki untuk pedagang asongan
Tidak dipungkiri himpunan massa yang banyak menjadi madu bagi pedagang asongan disepanjang area demo. Kendati para pedagang khawatir situasi menjadi ricuh namun hal itu tidak menjadi halangan. Tentu hal ini mengingatkan kita dengan teror bom beberapa waktu lalu, meskipun sedang berlangsung teror tetapi para pedagang seakan tak acuh dan melanjutkan aktivitasnya.

Tidak apatis dan melek berita
Aksi 4 november dalam beberapa hari terakhir menjadi perhatian, bahkan semua media meliput. Media sosial paling memiliki peran dan tak henti-hentinya demo ini menjadi trending topik. Postingan foto dan video aksi 4 november yang menggetarkan hati membuat jutaan pasang mata di dunia maya ikut mengomentari, mendukung dan mendoakan, meskipun tidak sedikit yang berkomentar miring.

Sangat jarang terjadi beberapa Ulama Besar sampai turun ke Jalan dan memimpin aksi demo
Aksi 4 november yang dipimpin oleh para Habib, Ustad, Kyai yang dengan berani berada di barisan paling depan membuat terenyuh banyak pihak. Meskipun ada yang memilih di balik layar dan tidak menanggapi. Beberapa ustad yang memimpin aksi bela Qur‘an tidak luput dari pemberitaan. Salah satu yang paling menyayat hati netizen adalah ketika Ust. Arifin Ilham dan Syekh Ali Jaber dikabarkan harus mendapat perawatan karena terkena gas air mata.

Semua Orang Penasaran dengan isi kandungan Al-Quran Surat Al Maidah ayat 51.
Dengan banyaknya perhatian atas peristiwa ini tidak hanya orang muslim yang mencari tau isi kandungan surat ini, setidaknya dengan kejadian ini surat Al Maidah ayat 51 menjadi paling popular dan yang paling diingat oleh setiap orang.

Mengenali siapa kawan siapa lawan
Saya tidak bermaksud provokatif hanya saja menilik beberapa status kawan saya yang nge-unfriend teman di media sosialnya karena kerap memberikan komentar negatif dan sharing postingan yang profokatif terhadap aksi bela Qur’an. Tentunya bukan perpecahan yang diinginkan, namun baiknya setiap orang bisa menahan diri akan ucapannya, apalagi jika dirinya seorang muslim.

Persatuan dalam keragaman
Sebagai Negara yang mayoritas Muslim, kendati beragam suku namun disatukan untuk tujuan yang sama yaitu membela Al-Quran. Beberapa media bahkan meliput suasana kebersamaan antara aparat dengan pendemo, sangat disayangkan bahwa kebersamaan tersebut di rusak oleh oknum-oknum nakal, sehingga jalannya aksi damai harus di warnai kericuhan.

Kekuasaan Tuhan
BMKG menyebutkan bahwa pada tanggal 4 november Jakarta akan hujan deras, namun hal ini berbeda cuaca saat aksi demo hanya mendung dan berawan bahkan tidak ada hujan hingga malam hari.

Penulis:
Lia Suratna

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s