Anda Yang Mana – Bagian 4: Golongan Darah

Sudah tiga tes kepribadian yang kita selidiki untuk mengenal kelemahan dan kekuatan diri. Tes-tes kepribadian tersebut telah memberikan gambaran awal yang bisa kita gunakan sebagai acuan ketika kita perlu membuat sebuah keputusan. Semakin kita menyelidiki kelemahan dan kekuatan diri, maka semakin akurat acuan yang kita bangun dan semakin mudah bagi kita membuat keputusan.

empat-kepribadian-berdasarkan-golongan-darah(1)
Kecenderungan karakter berdasarkan Golongan Darah (Konsep: Jamjam)

Informasi yang sudah kita kumpulkan di pembahasan-pembahasan sebelumnya bisa digabungkan agar kita mendapat acuan sebelum lanjut melangkah ke pembahasan selanjutnya. Sejauh ini, informasi tentang kelemahan dan kekuatan (pribadi saya) yang sudah didapat adalah sebagai berikut:

Anda adalah seorang introvert. Anda lebih memilih menyalurkan energi sosial untuk sebuah grup kecil berisi orang-orang yang penting. Anda berhati-hati sebelum berbicara, sangat waspada terhadap resiko, dan menikmati saat-saat sendiri. Ketika berada di lingkungan yang terlalu ramai, Anda merasa kewalahan. Anda mencari lingkungan yang memberikan rasa damai, aman, dan indah. Anda memiliki kehidupan pikiran yang aktif dan Anda paling hebat saat sedang menjelajahi kehidupan pikiran itu.

Perangai Anda adalah phlegmatis. Perangai ini pada dasarnya bersifat santai dan pendiam. Mereka adalah orang yang penerima dan pengasih, tetapi bisa pasif agresif. Mereka lebih sering memilih stabilitas dibanding ketidakpastian dan perubahan. Mereka konsisten, santai, tenang, rasional, ingin tahu, dan mengamati.

Anda memiliki sifat berhati-hati dan dominan. Anda bertindak dengan cara yang tegas, diplomatis, dan berusaha mendapatkan hidup yang teratur. Anda berorientasi terhadap tugas tetapi cenderung menghindari resiko. Anda lebih senang mengikuti metode yang sudah terbukti berhasil. Anda menangani tekanan dengan baik – Anda mendorong diri Anda sendiri dan juga orang lain, tetapi bisa kritis dan dominan terhadap orang lain.

Penjelasan di atas adalah rangkuman hasil tes kepribadian saya. Selain tes kepribadian berdasarkan ilmu psikologi, kita juga bisa menggunakan tolak ukur kepribadian berdasarkan pseudosains. Ilmu pseudosains yang kita gunakan di pembahasan kali ini adalah tipe kepribadian golongan darah.

Empat Kepribadian Berdasarkan Golongan Darah

Tipe kepribadian berdasarkan golongan darah adalah metode yang lebih tidak akurat dibandingkan dengan metode yang berdasarkan tes kepribadian. Metode ini lebih tidak akurat karena tidak ada tes yang digunakan untuk mencari tahu kepribadian kita. Di sisi yang lain, metode ini mudah digunakan karena kita tidak harus mengikuti tes kepribadian; kita cukup mengetahui golongan darah kita lalu melihat referensi yang sudah ada.

(Sebetulnya ada tes yang perlu dilakukan, yaitu tes pengambilan darah. Bila Anda sudah tahu golongan darah Anda, maka metode ini mudah dan murah. Tetapi bila Anda belum tahu golongan darah Anda, maka metode ini bisa menjadi mahal karena Anda harus mengambil sampel darah di laboratorium)

Hubungan antara golongan darah dengan tipe kepribadian termasuk pseudosains yang populer di negara-negara Asia. Hubungan ini pertama kali dibahas dalam penelitian berjudul “The Study of Temperament Through Blood Type” oleh Profesor Takeji Furukawa, di negara Jepang pada tahun 1927. Walau kepribadian berdasar golongan darah menjadi bagian dari budaya populer di negara-negara tertentu, metode ini belum diakui sebagai metode sains yang valid oleh komunitas internasional.

Seperti tipe kepribadian four temperaments dan DISC, ada empat golongan darah manusia, yaitu golongan A, B, AB, dan O. Masing-masing golongan ini memiliki tipe kepribadian yang terkait dengannya (menurut budaya populer). Tipe kepribadian setiap golongan darah digambarkan sebagai berikut:

Tipe kepribadian A

Orang dengan golongan darah A adalah pribadi yang lembut dan penyayang yang mengutamakan kepentingan orang lain sebelum kepentingan diri sendiri. Mereka terlihat tenang di luar tetapi bisa menyimpan konflik internal dan rasa gelisah di dalam.

Mereka adalah teman dan pendengar yang baik. Mereka baik dalam berhubungan dengan orang lain, tetapi seringkali mengabaikan kebahagiaan dan keseimbangan hidup diri sendiri. Mereka cenderung memendam perasaan, yang bisa berbahaya bagi kesehatan mereka. Orang dengan tipe darah A butuh waktu menyendiri untuk istirahat.

Tipe kepribadian B

Orang dengan golongan darah B memiliki sifat terbuka, ramah, dan senang dengan orang. Berbeda dengan tipe A, tipe B tidak mengorbankan perasaan mereka sendiri demi orang lain. Tipe B bisa baik dengan orang lain secara alamiah, nyaris tanpa usaha. Berhubungan dengan orang lain tidak membuat tipe B lelah. Mereka bisa menjadi pemimpin yang baik dan cocok berkarir di bidang pekerjaan yang sering bertemu dengan orang.

Tipe B mudah beradaptasi dan mudah membaca orang. Mereka suka mempelajari bahasa tubuh dan metode-metode lain untuk memahami orang lain. Orang dengan golongan darah B cukup percaya diri dan mengandalkan intuisi mereka.

Tipe kepribadian AB

Orang dengan golongan darah AB adalah pribadi yang kuat dan rasional. Mereka tidak mencemaskan hal-hal kecil dan bisa menganalisa tantangan dalam kehidupan mereka tanpa terhambat emosi. Walau mereka mencintai kebebasan dan kemandirian berpikir, mereka tidak bermasalah saat berhubungan dengan orang lain, dan malah mudah disukai dan cukup popular.

Tipe kepribadian O

Tipe ini bisa dideskripsikan sebagai bertanggung jawab, praktis, mematuhi aturan, dan terorganisir. Mereka bisa menjadi pemimpin yang hebat dan tekad mereka membantu mereka mencapai tujuan. Mereka biasanya disukai orang lain, tetapi disaat yang sama sering butuh waktu tersendiri. Tipe O termasuk pribadi yang kuat secara fisik dan bisa berhasil di bidang olahraga.

Sumber: “Blood Type Personality Traits in Asia”, Psychologia.co

Cara Mengetahui Golongan Darah Anda

Tidak seperti tes kepribadian lain yang sudah kita lakukan sebelumnya, tidak ada tes tertulis yang bisa mengetahui golongan darah Anda. Tes yang bisa Anda lakukan adalah tes di lab untuk mengambil sampel darah. Jangan juga menggunakan informasi ini secara terbalik, yaitu memutuskan golongan darah Anda berdasarkan tipe yang mana yang cocok dengan kepribadian Anda (untuk Anda yang belum tahu golongan darah Anda).

Saya sendiri adalah golongan darah B. Setelah melihat analisa tipe kepribadian menurut golongan darah, saya menemukan beberapa perbedaan atau ketidakcocokan. Contohnya, disebut bahwa tipe darah B memiliki “sifat terbuka, ramah, dan senang dengan orang” serta “berhubungan dengan orang lain tidak membuat tipe B lelah”. Pernyataan ini kurang cocok dengan saya karena saya adalah introvert menurut tes yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, saya biasanya “kewalahan” setelah berhubungan dengan banyak orang (seperti ketika melakukan presentasi atau bergaul di pesta).

Walau ada ketidakcocokan yang cukup signifikan, metode mencari tahu kelemahan dan kekuatan diri berdasarkan golongan darah ada manfaatnya. Selain untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin agar kita bisa mendapat gambaran seakurat mungkin, mengetahui golongan darah juga memiliki manfaat sebagai panduan untuk memilih diet. Mengetahui jenis makanan apa yang cocok dan tidak cocok dengan darah dalam tubuh kita juga merupakan bagian dalam mencari tahu kelemahan dan kekuatan diri (walau tidak akan kita bahas di pembahasan ini).

Penulis: Endy Daniyanto

Advertisements

One thought on “Anda Yang Mana – Bagian 4: Golongan Darah

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s