Ingin Melamar Kerja? Jangan Harap Bisa Dapat Pekerjaan yang Layak Sebelum Memperhatikan 4 Hal Ini!

SusahKerja
Ilustrasi: Para pelamar kerja mengantri (www.tukanglembur.com)

Mencari kerja menjadi seperti sebuah ritual yang wajib dilakukan setelah lulus kuliah atau sekolah. Itulah mengapa banyak vendor yang mengadakan Job Fair untuk memfasilitasi perusahaan-perusahaan, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar, yang ingin merekrut para freshgraduate tersebut sebagai calon karyawan baru mereka. Namun, tentunya perusahaan-perusahaan tersebut pun harus cukup selektif karena tidak semua orang dapat memenuhi kualifikasi mereka. Oleh karena itu, sebagai seorang pencari kerja (job seeker), ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum melamar kerja.

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh para pencari kerja, baik itu freshgraduate maupun yang sudah lebih berpengalaman, yaitu perhatikan posisi dalam perusahaan yang anda lamar. Dalam hal ini, posisi menentukan prestasi. Maksudnya posisi menentukan prestasi adalah bahwa setiap posisi di sebuah perusahaan memiliki perannya masing-masing. Mempelajari tentang posisi-posisi yang sudah lazim ada di sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting. Sebab, dengan mengetahui posisi-posisi tersebut, maka kita dapat mengetahui pula apa saja yang akan menjadi pekerjaan anda jika anda sudah diterima di posisi tersebut nantinya. Selain itu, anda pun akan bisa menentukan posisi apa yang anda sukai dan posisi apa juga yang tidak anda sukai dan perlu anda hindari. Tanpa mengetahui hal ini, anda seperti membeli kucing dalam karung. Namun, tidak jarang ada pencari kerja yang mencari kerja tanpa tahu posisi apa yang diinginkannya. Hal ini sebaiknya dihindari karena jika anda bekerja di posisi yang tidak anda sukai atau inginkan, maka kinerja anda pun akan buruk nantinya.

Yang kedua adalah jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan. Mungkin hal yang kedua ini sudah sering anda dengar, namun bisa saja ada sedikit salah persepsi. Jangan terlalu pilih-pilih pekerjaan disini maksudnya bukan anda harus menerima pekerjaan di posisi manapun yang anda dapatkan, tapi saat ada kesempatan atau lowongan kerja yang bisa anda dapatkan, maka dapatkanlah walaupun bidang atau posisi pekerjaan tersebut bukanlah bidang anda. Namun, hal tersebut tidaklah selalu buruk (terkait dengan hal pertama di atas) tergantung dari bagaimana kita menyikapinya. Sikap positif untuk kondisi seperti ini adalah anda harus merasa lebih tertantang dan bersemangat untuk mempelajari dan menguasai pekerjaan anda, walaupun bukan bidang anda sekalipun. Sebab, sebuah pekerjaan itu hanya boleh diserahkan kepada dua jenis orang, yaitu yang pertama adalah ahlinya dan yang kedua adalah orang yang bukan ahlinya namun memiliki kemauan untuk belajar menjadi ahlinya di bidang tersebut.

Hal yang ketiga adalah persiapan mental dan finansial. Memang betul bahwa melamar kerja itu gratis, tapi segala hal yang berhubungan dengan proses melamar kerja itu tidaklah gratis, seperti ongkos ke tempat diadakannya tes seleksi karyawan, biaya percetakan untuk mencetak segala berkas yang dibutuhkan, biaya hidup selama proses pencarian kerja, dan lain sebagainya. Selain itu, mental yang kuat juga harus anda miliki. Tanpa mental yang kuat, anda akan langsung menyerah saat mengetahui bahwa perusahaan yang memanggil anda untuk mengikuti tes seleksi karyawan berjarak cukup jauh dari tempat tinggal anda atau bahkan berada di luar kota. Berdasarkan pengalaman penulis, mereka yang mendapatkan pekerjaan yang layak dengan penghasilan cukup besar adalah mereka yang mau berjuang keras dalam proses pencarian kerja bahkan mereka akan selalu berusaha untuk mengikuti seluruh proses seleksi karyawan walaupun proses seleksi karyawan tersebut diadakan di luar kota.

Hal yang keempat adalah berusaha untuk memiliki atau mempelajari skill/keahlian yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan masa kini, seperti keahlian desain grafis, keahlian berbahasa asing, keahlian menjahit, dan lain sebagainya. Dengan memiliki keahlian-keahlian tersebut, maka kemungkinan anda untuk bisa diterima di sebuah perusahaan dengan posisi yang relevan atau berkaitan dengan keahlian anda tersebut akan meningkat secara signifikan. Bahkan, mungkin posisinya akan menjadi terbalik, yaitu perusahaan yang mengejar-ngejar anda untuk mempekerjakan anda karena keahlian tersebut.

Itulah 4 hal yang perlu diperhatikan sebelum melamar kerja. Di zaman seperti sekarang ini, mencari kerja itu sebenarnya tidaklah sulit karena banyak perusahaan-perusahaan di luar sana yang membuka lowongan kerja setiap harinya. Yang menjadi permasalahan hanyalah kurangnya kompetensi para pencari kerja yang umumnya hanya menginginkan pekerjaan yang ringan dan memiliki gaji yang tinggi tapi tanpa memiliki kemampuan apapun yang bisa menjadi daya jualnya terhadap perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan. Oleh karena itu, selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri selalu menjadi jalan terbaik untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Penulis: Arya Perkasa

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s