First Impression All New Honda CBR250RR: Sang Penggebrak di Kelas Motor Sport 250cc 2 Silinder

Motor1
Sumber: Otomotif TV, 2016

First Impression atau kesan pertama setelah menyaksikan secara tidak langsung peluncuran All New Honda CBR250RR adalah bahwa motor ini akan membuka lembaran baru di peta persaingan sepeda motor sport kelas 250cc, khususnya 2 silinder yang hingga saat ini baru diisi oleh produk dari Kawasaki dan Yamaha, yaitu Kawasaki Ninja 250FI dan Yamaha YZF-R25. Di kelas ini memang yang menjadi pionir adalah Kawasaki dengan Ninja 250 nya, mulai dari generasi Ninja 250R yang masih menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar karburator hingga generasi Ninja 250FI yang sekarang yang sudah bersistem injeksi. Uniknya, produk Kawasaki yang satu ini tidak tergoyahkan oleh euforia peluncuran Yamaha YZF-R25 sekitar 2 tahun lalu. Bahkan, hingga saat ini Kawasaki Ninja 250FI masih memimpin penjualan sepeda motor sport 250cc. Hal ini dikarenakan image “Ninja” yang sudah sangat melekat dengan Moge. Selain itu, minimnya nilai lebih yang ditawarkan oleh jagoan Yamaha di kelas 250cc ini pun menjadi sebuah rintangan besar bagi Yamaha untuk menaklukan dominasi Kawasaki di kelas 250cc ini.

Sudah sewajarnya jika produk yang diluncurkan belakangan “wajib” memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan dengan produk kompetitor yang lebih dahulu diluncurkan, entah itu di sektor fitur, desain, maupun performa mesin. Namun sayangnya, secara fitur dan desain tidak banyak kelebihan yang bisa ditawarkan oleh R25 dibandingkan kompetitornya, yaitu Ninja 250FI, selain fitur speedometer yang lebih lengkap. Shock depan yang masih berjenis teleskopik, swing arm yang masih berbentuk kotak walau tidak terlalu kotak, bahkan absennya sistem suspensi belakang prolink. Beragam hal tersebut membuat R25 yang merupakan produk baru menjadi tidak memiliki nilai jual lebih dibandingkan dengan Ninja 250FI, apalagi jika mengingat statusnya yang CKD, berbeda dengan Ninja 250FI yang CBU Thailand. Sebab, bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, status CBU masih menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Selain itu, posisi harga yang 11-12 dengan Ninja 250FI pun membuat R25 semakin susah bersaing, apalagi jika mengingat statusnya yang CKD yang seharusnya lebih murah dibandingkan produk CBU walaupun sekelas karena memang pajak kendaraan berstatus CKD lebih murah dibandingkan dengan kendaraan berstatus CBU.

Mungkin, Honda sudah mempelajari kesalahan Yamaha tersebut sehingga dalam pembuatan All New Honda CBR250RR ini, Honda tidak ingin melihat para kompetitornya. Honda ingin membuat produk dari keluarga legendaris CBR ini dengan sepenuh hati, tanpa pertimbangan akan harga yang akan terpaut lebih mahal dibanding kompetitor maupun pertimbangan akan tidak wajarnya beragam fitur muncul di kelas motor sport 250cc 2 silinder ini. Dengan  prinsip tersebut, maka lahirlah All New Honda CBR250RR yang baru saja diluncurkan pekan silam (25 Juli 2016). Uniknya, sebagai masyarakat Indonesia kita harus bangga karena motor ini diluncurkan pertama kali di dunia dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya. Sebab, memang dalam “pembuatan” motor sport 250cc ini, Honda Indonesia ikut ambil bagian bersama-sama dengan Honda Jepang. Bahkan, pihak Honda sendiri mengakui bahwa dalam perancangan All New Honda CBR250RR ini mengikuti selera konsumen Indonesia. Itulah sebabnya mengapa All New Honda CBR250RR ini memiliki desain yang sangat sporti lengkap dengan fitur-fitur yang bisa membuat silau mata penggunanya sekalipun.

Setelah sedikit berbicara dengan peta persaingan sepeda motor sport kelas 250cc 2 silinder ini, mari kita bahas lebih detil tentang All New Honda CBR250RR ini. Dari sisi desain, kita bisa melihat bahwa Honda berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi selera masyarakat Indonesia yang menyukai desain motor sport yang bernuansa sporti. Beda dengan pendahulunya (Honda CBR250R 1 Silinder) yang lebih mengutamakan sisi ergonomis, kini All New Honda CBR250RR terlihat jauh lebih agresif dengan lekukan-lekukan tajam mulai dari depan hingga belakang. Sangat mirip dengan agresifnya desain All New Honda CBR150R yang memang merupakan adik kandungnya. Menurut penulis, desain All New Honda CBR250RR ini memang akan sangat bisa diterima oleh masyarakat Indonesia walaupun mungkin kurang ergonomis dibanding pendahulunya. Namun, jika kita berbicara tentang motor sport 250cc, ergonomi (serta konsumsi BBM) memang selalu menjadi poin kesekian dalam memutuskan untuk meminang motor di kelas ini. Bagi beberapa orang, mungkin akan langsung teringat dengan sebuah motor sport andalan pabrikan motor sport Itali yang sangat terkenal, yaitu Ducati Panigale. Hal ini dikarenakan desain headlamp yang berada di bawah batok fairing persis seperti Ducati Panigale. Selain itu, desain buritannya pun cukup mirip dengan desain buritan Ducati Panigale namun dengan ukuran yang lebih besar sehingga mungkin lebih cocok dikatakan mirip dengan desain buritan Ducati 898/1198 maupun Ducati Streetfighter.

Motor2
Sumber: Otomotif TV, 2016

Secara desain, All New Honda CBR250RR ini sangat baik, sangat moge, dan memiliki aura motor sport Eropa walaupun berasal dari Jepang dan Indonesia. Namun, 1 hal yang mungkin bisa menjadi pedang bermata dua di All New Honda CBR250RR ini adalah desain knalpotnya. Walaupun terlihat agresif karena menggunakan dua buah silencer yang menyatu, namun terlihat terlalu besar sehingga “agak” mengganggu pemandangan, mengingat bahwa kebanyakan motor sport jaman sekarang berusaha untuk memiliki desain knalpot sekecil mungkin. Namun, hal ini bukanlah masalah besar mengingat ini hanyalah masalah selera dan biasanya para pengguna motor sport 250cc (khususnya 2 silinder) seringkali gatal untuk mengganti knalpot bawaan pabrik dengan knalpot aftermarket agar “raungan” mesin 2 silindernya bisa semakin keluar. Selain itu, kehadiran suspensi depan model upside-down membuat tampang All New Honda CBR250RR semakin gagah dan moge look. Hal inilah yang nampaknya akan menjadi sebuah tamparan keras bagi Yamaha dan Kawasaki karena memang suspensi depan upside down merupakan fitur/desain yang paling terlihat bahkan bagi orang awam sekalipun.

Motor3
Sumber: Otomotif TV, 2016

Secara fitur, All New Honda CBR250RR pun akan memberikan lebih banyak tamparan kepada Kawasaki Ninja 250FI dan Yamaha YZF-R25. Sebab, All New Honda CBR250RR hadir dengan segudang fitur baru yang benar-benar baru untuk kelas motor sport 250cc. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah suspensi depan model upside-down, swing arm belakang alumunium asimetris model semi-banana, throttle-by-wire yang biasanya hanya diaplikasikan di mobil, 3 mode pengendaraan, full LED lighting mulai dari headlamp atau lampu utama, lampu sen, posisitioning lamp, lampu belakang, dan lampu rem. Selain itu, speedometer yang sangat informatif pun tak lupa turut menambah nilai plus dari All New Honda CBR250RR. Suspensi model prolink pun ikut hadir di motor ini walaupun bukan merupakan hal baru lagi di kelas motor sport 250cc. Untuk sektor kaki-kaki, All New Honda CBR250RR mengusung velg dan ban berukuran sama dengan kompetitornya sehingga tidak ada yang istimewa di sektor kaki-kaki kecuali penunjangnya (suspensi depan upside down dan swing arm model semi-banana).

Di sektor mesin, potensi All New Honda CBR250RR masih belum terungkap karena pihak Honda masih belum memberi pernyataan resmi tentang berapa output dari mesin berkonfigurasi 2 silinder segaris ini. Namun, bisa dipastikan bahwa output dari mesin baru Honda ini tidak akan berbeda jauh dibanding dengan para kompetitornya, mengingat para kompetitornya juga memiliki konfigurasi mesin yang tidak jauh berbeda. Akan tetapi, beredar rumor bahwa output tenaga yang dihasilkan oleh mesin All New Honda CBR250RR ini akan bisa mencapai 40dk. Jika hal tersebut benar, maka All New Honda CBR250RR akan menjadi yang tercepat di kelasnya, mengingat output tenaga mesin Kawasaki Ninja 250FI berada di kisaran 32dk dan Yamaha YZF R25 berada di kisaran 36dk.

Mungkin itu saja yang bisa penulis sampaikan tentang First Impression atau kesan pertama All New Honda CBR250RR. Dengan segudang fitur dan desain yang diusung, nampaknya All New Honda CBR250RR akan memaksa Kawasaki dan Yamaha agar segera membenahi flagship mereka di kelas motor sport, walaupun prediksi harga All New Honda CBR250RR berada di atas harga Kawasaki Ninja 250FI dan Yamaha YZF-R25 (harga All New Honda CBR250RR akan berada di kisaran 63jt Rupiah sampai dengan 70jt Rupiah untuk model non-ABS dan ABS sedangkan harga Kawasaki Ninja 250FI dan Yamaha YZF-R25 berada di kisaran 56jt Rupiah untuk versi non-ABS).

Penulis: Arya Perkasa

Sumber: Otomotif TV

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s