Bobotoh dari Kalangan Intelektual

WhatsApp-Image-20160722(5)
Spanduk Bobotoh Viking Ganesha, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (By: Puji)

Salah sahiji bobotoh PERSIB anu aya di Bandung, hasil karya intelektual muda Institut Teknologi Bandung. Untuk semua warga Kampus ITB atau Alumni ITB, bisa langsung bergabung dengan Viking Ganesha untuk mendukung PERSIB. Supaya lebih kenal, langsung aja baca cerita berdirinya Viking Ganesha dari Ketua Viking Ganesha, Kang Puji (Farmasi ITB).

Kang Puji bagaimana sejarah berdirinya Viking Ganesha?

“Viking Ganesha berdiri sejak tahun 1999, jadi kalo sekarang 2016 artinya usia Viking Ganesha udah 17 tahun, usia dimana anak muda sedang bergelora sama kaya Viking Ganesha dulu lebih dikenal dengan nama Bobotoh Ganesha, seiring perkembangan zaman namanya menyesuaikan. Mayoritas massa Viking Ganesha adalah dari Kampus, terdiri dari karyawan, Dosen, Mahasiswa, dan para alumni ITB, baik yang statusnya mahasiswa atau karyawan hehe, tujuan dari Viking Ganesha adalah ingin melihat Persib lebih maju melalui berbagai media yang positif”.

“Awal mula komunitas ini berdiri dari kumpulan unit, unit itu kaya esktrakulikuler kalo di zaman SMA, selain unit, ada juga dari himpunan-himpunan di Kampus, himpunan dari berbagai jurusan sama himpunan dari fakultas. Dulu jaringan komunikasi masih terbatas, jadi pada kurang kenal dan kalo ketemu langsung di Stadion ketika PERSIB tanding”.

“Nah, di zaman android kaya sekarang ini, perkembangan media komunikasi jauh lebih baik, dan lebih mudah, koordinasi antar bobotoh jurusan di kampus pun jadi semakin mudah dan akhirnya suporter PERSIB distrik ITB bisa bersatu, selain itu ada beberapa anggota Viking Ganesha juga  aktif di media massa, dan di vikingcyber, salah satu media online bobotoh”.

“Pada dasarnya komunitas ini tidak kaku, cair aja, jadi tidak ada komando secara langsung, bentuk struktur organisasi pun lebih bersifat koordinasi antar suporter di Kampus, dengan fungsi koordinator sebagai fasilitator massa antar himpunan”.

Apa harapan utama Viking Ganesha?

“Harapan utamanya, Viking Ganesha bisa menjadi contoh suporter PERSIB yang baik, dan bijak di setiap tindakan dan ucapan, akan tetapi tetap kritis, tapi tidak provokatif karena ada nama baik PERSIB dan ITB yang wajib dijaga oleh setiap anggotanya, sehingga dapat seiring dengan slogan Kami yaitu bakti Viking Ganesha untuk Tuhan, Bangsa dan Maung Bandung dapat berjalan berjalan dan dapat disempurnakan. Jadi kalo ada yang mau gabung, silahkan langsung gabung aja di Instagram: vikinganesha dan line: Viking Ganesha.

Reporter:

Rajo D. A.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s