Dampak Pengaruh Brexit Ke Perekonomian Indonesia

brexit-data
Ilustrasi Brexit Data by. Rajo

Masyarakat Inggris memastikan keluar dari Uni Eropa, kepastiannya lewat referendum yang bersejarah. Dikutip dari kompas.com, masyarakat Inggris yang memilih keluar dari Uni Eropa mencapai 17.410.742 orang (52 persen) berbanding dengan memilih tetap bergabung dengan UE (Brimain/British Remain) sebanyak 16.141.241 orang (48 persen).

Apakah Brexit mempunyai pengaruh ke perekonomian Indonesia?

Menurut Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro pengaruhnya hanya bersifat sementara terhadap pelemahan nilai tukar rupiah dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) maupun surat utang negara.

Sementara dari sisi perdagangan, kata dia, tidak akan terganggu dengan hengkangnya Inggris dari zona Euro. Negara ini, katanya, dapat membangun hubungan bilateral dengan Inggris untuk meningkatkan neraca perdagangan masing-masing negara. Bambang menjelaskan ekonomi Indonesia tidak akan terganggu dengan Brexit lantaran pengaruh terbesar adalah pada Tiongkok dan Amerika Serikat (AS). Beruntungnya lagi, kata dia, Indonesia telah menerbitkan surat utang negara berdenominasi euro sebesar 3 miliar euro belum lama ini.

“(Ekonomi) Kita lebih sensitif kepada Tiongkok dan pergerakan di AS. Kita bersyukur karena kita sudah mengeluarkan Euro Bond jauh sebelum Brexit terjadi. Jadi bisa dibayangkan kalau kita belum menerbitkannya, maka akan sulit kita punya ruang mengeluarkan Euro Bond kalau Brexit-nya terjadi,” kata dia

Sedangkan dari sisi investasi Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM),  investasi langsung (foreign direct investment) Inggris di Indonesia tahun 2015 sebesar 503 juta dollar AS atau 1,71 persen dari total PMA senilai 29,27 miliar dollar AS.

Inggris merupakan negara kesepuluh terbesar dalam jumlah investasi di Indonesia. Nilai investasi Inggris masih di bawah Singapura, Malaysia, Jepang, dan Belanda. Namun, dibandingkan negara-negara UE, investasi Inggris merupakan kedua terbesar setelah Belanda. Jadi, dari sisi investasi, pengaruh Inggris relatif lebih besar ketimbang pengaruhnya dari sisi perdagangan. Kendati demikian, dilihat dari nilainya, investasi Inggris juga tidak berpengaruh signifikan terhadap PDB Indonesia.

By: M. Taufiq

Sumber :

  • Kompas.com
  • liputan 6.com

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s