Anda Yang Mana – Bagian 3: DISC Profile

Setelah mengenal perangai Anda berdasarkan teori Four Temperaments, Anda bisa mengenal kekuatan dan kelemahan diri dengan lebih baik. Selain tes kepribadian tersebut, ada tes kepribadian lain yang juga menggunakan empat tipe perangai. Tes kepribadian ini dikenal dengan DISC profile.

Bisa dibilang DISC profile memiliki kesamaan dengan Four Temperaments. Selain sama-sama punya empat tipe perangai, masing-masing perangai mendeskripsikan tipe kepribadian yang mirip (seperti yang bisa Anda baca di penjelasan berikut). Walau diantara kedua tes kepribadian ini ada kemiripan, tetapi tetap ada perbedaannya sehingga bisa kita gunakan untuk mendapatkan gambaran lebih detail tentang kelemahan dan kekuatan kita.

Apakah Sistem Kepribadian DISC?

Seperti Four Temperaments yang dijelaskan di artikel sebelumnya, DISC adalah sistem pengenalan kepribadian yang menggunakan empat tipe kepribadian. Tetapi bedanya adalah sistem DISC lebih sering digunakan dalam lingkungan pekerjaan atau organisasi. Teori yang menjadi landasan dari sistem DISC ditulis oleh William Marston dalam bukunya, “Emotions of Normal People”, pada tahun 1928.

Pada tahun 1950, sekelompok ahli psikologi menggunakan teori DISC ini untuk mengembangkan tes kepribadian dalam rangka menyeleksi calon pegawai untuk perusahaan dan organisasi. Pada masa kini, ada banyak tes yang memiliki nama DISC dan masing-masing tes tersebut berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan heran bila Anda menemui banyak jenis tes kepribadian DISC di berbagai tempat.

Dalam Four Temperaments, empat tipe kepribadian yang digunakan adalah sanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis. DISC juga memiliki empat tipe kepribadian sesuai dengan singkatannya:

  • Dominance (dominasi)
  • Influence (pengaruh)
  • Steadiness (kestabilan)
  • dan Conscientiousness atau Compliance (sifat berhati-hati atau menurut)

Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing sifat tersebut:

Tipe kepribadian D (Dominance) cenderung tepat, cepat mengambil keputusan, dan disebut dominan. Orang berkepribadian D lebih senang memimpin daripada dipimpin, dan senang memegang jabatan pemimpin atau manajemen dalam perusahaan. Tipe kepribadian ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan berani mengambil resiko serta memecahkan masalah, sehingga menjadi tempat orang lain mencari arahan dan keputusan. Orang tipe ini cenderung proaktif.

Tipe kepribadian I (Influence) tidak takut menjadi pusat perhatian. Orang berkepribadian I memiliki sifat bersemangat, optimistis, senang berbicara, dan memiliki keahlian membujuk. Ciri lain dari sifat kepribadian I adalah terlalu cepat bertindak berdasarkan emosi. Tipe kepribadian ini cenderung mudah percaya orang lain, senang berada di keramaian, dan paling berfungsi saat bekerja dalam sebuah tim.

Tipe kepribadian S (Steadiness) dikenal sebagai orang yang stabil dan dapat diandalkan. Orang tipe kepribadian S memiliki perangai yang tenang, bersahabat, simpatik, dan murah hati kepada orang tersayang serta pengertian dan pendengar yang baik. Tipe kepribadian S lebih menyukai hubungan yang dekat dan intim dengan orang-orang tersayang tetapi terkadang bisa menjadi posesif.

Tipe kepribadian C (Conscientiousness) adalah orang yang akurat, presisi, perhatian terhadap detail, dan berhati-hati. Orang bertipe C berpikir secara analitis dan sistematis, membuat keputusan dengan sangat hati-hati setelah melakukan riset dan pengumpulan data. Tipe kepribadian ini memiliki standar yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain. Kepribadian C sangat pintar memecahkan masalah karena memiliki fokus tinggi yang tidak dimiliki tipe perangai yang lainnya.

Sumber: Disc Insights

Bisa Anda lihat bahwa keempat tipe perangai diatas memiliki kemiripan dengan empat tipe perangai yang dijelaskan di Four Temperaments. Kemiripannya adalah sebagai berikut:

  • Tipe Dominance mirip dengan tipe Koleris
  • Tipe Influence mirip dengan tipe Sanguin
  • Tipe Steadiness mirip dengan tipe Phlegmatis
  • Tipe Conscientiousness atau Compliance mirip dengan tipe Melankolis

Akan tetapi, hasil tes kepribadian DISC bisa menghasilkan tipe perangai yang berbeda dari hasil yang Anda dapatkan melalui tes Four Temperaments. Selanjutnya, silakan simak hasil tes DISC yang saya lakukan sebagai berikut.

Cara Menemukan Profil DISC Anda

Dari penjelasan di atas, termasuk tipe profil yang manakah Anda? Mungkin Anda sudah bisa menebak. Tetapi, agar tahu tipe profil Anda dengan tepat, silakan ikuti tes kepribadian DISC profile. Salah satu situs yang menyediakan tes kepribadian gratis untuk DISC adalah situs berikut: https://www.123test.com/disc-personality-test/index.php

Berikut adalah hasil tipe kepribadian yang saya dapatkan setelah menjalani tesnya:

DISC Profile Endy Daniyanto

Menurut hasil tesnya, saya memiliki kepribadian C (Conscientiousness) atau Compliance sebanyak 41% dengan sifat sekunder D atau Dominance sebanyak 36%.

Di pembahasan sebelumnya, sudah disebutkan bahwa sebenarnya masing-masing dari kita memiliki setiap tipe perangai dalam kepribadian kita. Tetapi porsi dari masing-masing perangai tersebut berbeda. Gambar hasil tes di atas memperlihatkan hadirnya keempat perangai tersebut dengan porsi tersendiri.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang hasil tes DISC yang saya dapat:

Anda bertindak dengan cara yang tegas, diplomatis, dan berusaha mendapatkan hidup yang teratur. Anda berorientasi terhadap tugas tetapi cenderung menghindari resiko. Anda menangani tekanan dengan baik – Anda mendorong diri Anda sendiri dan juga orang lain.

Selain itu, beberapa catatan tambahan tentang hasil yang saya dapatkan:

Anda lebih senang mengikuti metode yang sudah terbukti berhasil. Anda bisa menerima peraturan dan kebijakan dengan baik. Anda biasanya berbicara tegas dan positif dengan orang.

Anda memiliki kecenderungan kritis terhadap orang lain. Sehingga orang lain mungkin melihat Anda sebagai seseorang yang mendominasi dan terlalu kuat.

Menariknya, di tes Four Temperaments saya mendapatkan tipe perangai Sanguin-Phlegmatis. Tetapi di tes DISC ini saya mendapatkan tipe perangai Compliance-Dominance, yaitu yang mirip dengan tipe perangai Melankolis-Koleris. Hasil ini bisa berbeda salah satunya karena rangkaian pertanyaan yang digunakan di masing-masing tes tersebut berbeda juga.

Sekarang, saatnya Anda yang melakukan tes tersebut. Apakah hasil yang Anda dapatkan mirip dengan hasil yang Anda dapat di tes sebelumnya? Ataukah hasil yang Anda dapat berbeda, seperti yang saya dapatkan? Perjalanan kita masih akan berlanjut di pembahasan berikutnya, dimana kita melihat tes kepribadian lain yang juga menggunakan empat tipe perangai.

By: Endy Daniyanto

 

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s