Kacamata Kayu ‘Tesmak’

Vicky Mono tidak menduga kalau bisnis kacamata yang ia rintis sejak 2014 ini, bisa menjadi terkenal seperti sekarang ini. Bahkan tanpa diduga sebelumnya oleh Vicky, di tengah menjalankan bisnis ini, dia bisa bertemu dan menjalin kerjasama dengan seniman Butet Kertaradjasa sehingga kacamata produksinya tersebut dapat dengan mudah dikenal oleh masyarakat dan kalangan artis serta pejabat, bahkan produk kacamatanya dipakai oleh Walikota Bandung Kang Emil. Dan WorkShopnya pernah dikunjungi oleh Menteri Perindustrian dan diliput oleh TV nasional. Juga hal ini tidak lepas pula dari keberadaan Vicky Mono sebagai vokalis Band Burgerkill, sehingga produknya cepat dikenal dikalangan anak muda.

Mengenai material yang digunakannya, semua bingkai kacamata tesmak dibuat dari kayu limbah yang sudah tidak terpakai yang berasal dari pabrik-pabrik gitar dan drum. Jenis kayunya antara lain eboni, Indian rosewood, sawo, dan jati. Serta ditambah dengan ornament dari bahan Alumunium yang berasal dari limbah juga. Vicky yang lebih mementingkan kualitas untuk produk-produknya dan tidak pernah berhenti untuk berkreatifitas dalam mengembangkan  produk Kacamata Tesmaknya, tidak jarang Vicky sendiri yang mendesign kacamatanya serta mencari limbah kayu berkualitas yang akan digunakannya. Dan dalam waktu dekat ini Vicky akan meluncurkan design kacamata terbarunya. Dalam hal peluncuran produk baru,Tesmak tidak langsung meluncurkan ke pasar untuk setiap produknya, tetapi Tesmak melakukan riset terlebih dahulu untuk setiap produknya baik dari segi kenyamanan dan safety.

Konstruksi kacamata kayu milik Tesmak ini dibuat dengan kayu tropis, lensa ultraviolet, serta memakai engsel berpegas. Mengenai proses pembuatan kacamatanya ini Vicky dibantu oleh orang-orang yang mumpuni dibidangnya dan ini adalah murni menggunakan tangan dan memakai kayu sebagai bahan utama. Bila dilihat lebih jelas, semua kacamata memiliki warna yang berbeda. Ini menunjukkan bahwa semua produknya berwarna kayu asli dan tidak mengalami proses pengecatan maupun pewarnaan lain.

Untuk perawatan pun sama seperti kacamata yang menggunakan material lain seperti titanium. Sebaiknya, selalu simpan dengan rapi dalam wadahnya dan sering dibersihkan.

Model kacamata tesmak antara lain: aviator, kacamata bulat, kacamata kotak, dan model mata kucing. Untuk harganya, semua kacamata dipatok dengan harga sekitar Rp 800 ribu sampai dengan Rp1,5 juta dan bisa dibeli lewat Instagram Tesmak.

By: Riswan R.

Sumber tulisan:

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s