Bencana Banjir dan Longsor yang Terjadi di Berbagai Daerah Indonesia

banjir-jakarta-januari-2013-indonesians-push-their-motorcycles-t-201301171312078330
Banjir di Pusat Kota Jakarta (www.mobil.sportku.com)

Bencana banjir dan longsor yang melanda di daerah Jawa Tengah menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan fenomena La Nina penyebab bencana banjir dan longsor di Jawa Tengah. “Fenomena ini diprediksi berlangsung sampai September, dikhawatirkan bencana banjir dan longsor masih terjadi,” kata Sutopo.

Di Indonesia katanya ada 274 kabupaten/kota yang berada di daerah yang berpotensi terdampak bencana longsor. Total penduduk yang berpotensi menjadi korban adalah 40,9 juta orang, atau sekitar 17,2 persen. Dari 40,9 juta warga yang berpotensi menjadi korban, 4,28 juta diantaranya adalah balita, 323.000 penyandang diasbilitas dan 3,2 juta lansia.

“Umumnya mereka tinggal di daerah yang infrastrukturnya terbatas, sehingga bila terjadi bencana, evakuasi akan sulit,” ucap Sutopo. BNPB mencatat ada jutaan orang yang tinggal di rumah, yang lokasinya tidak jauh dari perbukitan terjal, yang rawan terjadi bencana. Menurut Sutopo, pemerintah sudah memperingatkan warga, namun mereka bersikeras tinggal di tempat tersebut. “Trennya pun meningkat, makin banyak penduduk yang tinggal di lereng lereng,” ujarnya. Faktor pendukung peningkatan trend tersebut adalah kemiskinan, serta urbanisasi, yang memaksa warga tinggal di daerah lereng.

By: M. Taufiq

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s