Anda Yang Mana – Bagian 2: Four Temperaments

four-temperaments(1)
illustration by: Rajo

Pembahasan sebelumnya menjelaskan tentang pentingnya mengenal kelemahan dan kekuatan diri sendiri sebagai panduan ketika membuat keputusan. Ketika kita mengenal kelemahan dan kekuatan masing-masing, kita bisa menghindari membuat pilihan yang salah dan membuat pilihan yang benar. Salah satu cara untuk mengenal kelemahan dan kekuatan diri adalah dengan tes kepribadian.

Tes kepribadian yang paling sederhana adalah mengenal sifat ekstrovert atau introvert. Tetapi tes ini hanya memberikan gambaran besar tentang kelemahan dan kekuatan diri. Untuk lebih jauh mengenal masing-masing keunggulan diri, maka kita butuh melakukan tes kepribadian yang lebih mendetail. Salah satu tes kepribadian yang lebih detail adalah yang berdasarkan four temperaments.

Empat Perangai Dalam Four Temperaments

Four temperaments (atau empat perangai) adalah tes kepribadian yang dibuat berdasarkan ilmu medis dari Hippocrates, seorang ilmuwan Yunani yang hidup pada masa 460 – 370 S.M. Walau aslinya ilmu ini adalah ilmu medis, di kemudian hari ilmu ini diadopsi oleh ilmu psikologi. Menurut ilmu empat perangai ini, ada empat perangai dasar manusia yang menentukan kepribadiannya. Empat perangai tersebut adalah sebagai berikut:

  • Sanguin
  • Koleris
  • Melankolis
  • Phlegmatis

Penjelasan lebih detail tentang masing-masing empat perangai tersebut adalah sebagai berikut:

Sanguin: Kepribadian ini bersifat ekstrovert, suka bersosialisasi dan berteman dengan orang lain, dan menikmati hidup di saat ini. Pribadi sanguin memancarkan sikap optimisme, pengertian dan semangat dalam segala urusan hidup. Mereka bisa bersifat menuruti kata hati, mudah marah dan senang memanjakan diri. Dalam kehidupan, perangai ini umumnya paling berpengaruh di masa anak-anak.

Orang yang memiliki kepribadian sanguin cocok untuk bekerja di bidang:

  •  Pemasaran
  • Travel
  • Fashion
  • Masak memasak
  • Olahraga

Koleris: Kepribadian ini bersifat ekstrovert dan berorientasi kepada tugas, mencari kesuksesan dan berkompetisi tanpa memperhitungkan biaya yang dibutuhkan. Pribadi koleris memiliki kemampuan yang tinggi untuk memimpin, memiliki ambisi yang tinggi dan sifat yang dominan. Mereka sangat bergairah tentang tugas mereka tetapi bisa mudah marah dan tidak mudah menunjukkan perasaan. Dalam kehidupan, perangai ini umumnya paling berpengaruh di masa remaja dan orang muda.

Orang yang memiliki kepribadian koleris cocok bekerja di bidang:

  • Manajemen
  • Teknologi
  • Statistik
  • Engineering
  • Programming
  • Bisnis

Melankolis: Kepribadian ini bersifat introvert dan berorientasi kepada tugas, senang menyendiri, dan memiliki gairah yang tinggi serta kreatif. Pribadi melankolis memiliki sifat menghormati tradisi, percaya kepada intuisi (kata hati), dan pengertian. Kelemahan sifat ini adalah cenderung rentan terhadap perubahan suasana hati, menyalahkan orang lain dan tidak percaya akan kemampuan diri. Perangai ini umumnya paling berpengaruh di masa setengah baya.

Orang melankolis cocok bekerja di bidang:

  • Manajemen
  • Akuntansi
  • Pekerjaan sosial
  • Administrasi

Phlegmatis: Kepribadian ini bersifat berorientasi kepada orang, memberikan perhatian yang menyebar kebaikan, pengampunan, serta mengembalikan perdamaian. Pribadi phlegmatis umumnya tenang, diam dan berpikir rasional. Kelemahan sifat ini adalah bisa terlalu santai, lambat mengambil tindakan, malas dan pasif. Dalam kehidupan, perangai ini umumnya paling berpengaruh di masa lanjut usia.

Orang yang phlegmatis cocok bekerja di bidang:

  • Keperawatan
  • Pendidikan
  • Psikologi
  • Perkembangan anak
  • Layanan sosial

Anda dapat melihat bahwa klasifikasi tipe kepribadian yang diurai dalam four temperaments lebih detail dibanding sekedar ekstrovert atau introvert. Masing-masing perangai lebih dominan di usia tertentu sesuai penjelasan di atas. Anak-anak umumnya bersenang ria (sanguin), remaja umumnya mencari kesuksesan (koleris), orang tua umumnya menghormati tradisi (melankolis), dan orang lanjut usia umumnya mencari perdamaian (phlegmatis).

Dapat dilihat bahwa masing-masing empat perangai tersebut adalah bagian dari sifat ekstrovert atau introvert. Sifat sanguin dan koleris merupakan pendalaman sifat ekstrovert, sedangkan sifat melankolis dan phlegmatis adalah pendalaman dari sifat introvert. Oleh karena itu, empat perangai ini menyediakan gambaran yang lebih detail tentang kelemahan dan kekuatan kita dibanding sekedar ekstrovert dan introvert.

Cara Mencari Tahu Anda Perangai Yang Mana

Perlu dicatat bahwa empat perangai bukanlah ilmu resmi yang dipakai dalam psikologi. Hal itu dikarenakan ilmu  medis yang menjadi dasarnya sudah terbukti tidak akurat. Walau begitu, tes kepribadian ini masih popular dipakai dan masih memiliki kegunaan sampai saat ini.

Saya pertama kali melakukan tes kepribadian empat perangai ini saat masuk kuliah. Selanjutnya, saya mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing empat perangai dalam buku Personality Plus karya Florence Littauer. Bila Anda ingin mengenal lebih dalam tentang keempat perangai diatas, maka saya menyarankan untuk membaca buku tersebut.

Selain dari buku tersebut, Anda bisa juga mengambil tes kepribadian four temperaments secara gratis melalui berbagai situs di internet. Salah satu tes gratis yang bisa Anda lakukan adalah yang tersedia di situs http://personality-testing.info/tests/O4TS

Ini adalah hasil yang saya dapatkan setelah mengikuti tesnya:

“Your temperament is phlegmatic. The phlegmatic temperament is fundamentally relaxed and quiet, ranging from warmly attentive to lazily sluggish. Phlegmatics tend to be content with themselves and are kind. They are accepting and affectionate. They may be receptive and shy and often prefer stability to uncertainty and change. They are consistent, relaxed, calm, rational, curious, and observant, qualities that make them good administrators. They can also be passive-aggressive.”

Terjemahannya:

“Perangai Anda adalah phlegmatis. Perangai ini pada dasarnya bersifat santai dan pendiam, mulai dari perhatian hangat sampai sangat pemalas. Orang phlegmatis cenderung merasa cukup dengan dirinya sendiri dan bersifat lembut. Mereka adalah orang yang penerima dan pengasih. Mereka bisa mudah memahami, malu, dan lebih sering memilih stabilitas dibanding ketidakpastian dan perubahan. Mereka konsisten, santai, tenang, rasional, ingin tahu, dan mengamati. Sifat-sifat ini membuat mereka menjadi tenaga administratif yang bagus. Orang phlegmatis juga bisa menjadi pasif agresif.”

Menariknya, saat saya pertama kali melakukan tes empat perangai, hasil kepribadian saya adalah koleris dan melankolis. Sekarang, setelah melakukan tes di atas, hasil kepribadian saya adalah phlegmatis dan sanguin. Memang dalam setiap individu terdapat keempat perangai tersebut, dengan porsi yang berbeda-beda dan berubah-ubah.

Selain itu, seperti sifat ekstrovert dan introvert yang berkesinambungan, maka Anda juga bisa memiliki gabungan dari keempat sifat perangai ini. Contohnya, menurut hasil tes di atas, sifat dominan saya adalah phlegmatis-sanguin. Sedangkan saat tes dulu, sifat dominan saya adalah koleris-melankolis. Dengan mengetahui kombinasi dari sifat dominan empat perangai Anda, Anda bisa lebih memahami mengenai kelemahan dan kekuatan Anda.

Silakan lakukan tes kepribadian empat perangai menggunakan tes di atas atau sesuai pilihan Anda.

By: Endy Daniyanto

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Anda Yang Mana – Bagian 2: Four Temperaments

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s