Meninggalnya Pembalap Moto 2 di Catalunya Sirkuit

moto2-mugello-2016-luis-salom-sag-racing-team
Lusi Salom (www.motorsport.com)

Duka mendalam dalam balapan moto 2 di sirkuit catalunya, pada hari Jumat tanggal 3 Juni 2016 telah meninggal seorang pembalap moto 2 Luis Salom. Luis Salom meninggal dalam practice rice di tikungan 12 sirkuit catalunya. Berikut adalah pernyataan tim medis yang ditulis oleh Dr.Angel Charte, sebagaimana dilansir Crash.

“Hari ini (Jumat), tim medis dari kejuaraan dunia MotoGP mencapai lokasi kejadian dari insiden yang melibatkan Luis Salom di tikungan 12, dalam sesi latihan bebas kedua untuk Moto2 di Circuit de Barcelona-Catalunya.” “Saat datang, rider dalam keadaan mengalami gagal jantung. Mempertimbangkan parahnya kondisinya, tim medis memulai dengan mengamankan saluran udara melalui intubasi orotracheal dan cardiopulmonary resuscitation (CPR) di sisi lintasan.” “Dia kemudian diamankan dengan sebuah penyangga leher dan staf medis lantas memasang dua jalur intravena dan melanjutkan kompresi dada. Sejak tiba di lokasi, dengan cepat diketahui bahwa Salom mengalami asystolic.” “Dia lalu diberikan obat-obatan untuk cardiopulmonary dan hemodinamik untuk menstabilkan dia. CPR dilanjutkan di sisi lintasan selama 18 menit, tapi mempertimbangkan kondisi mengancam nyawa Salom, keputusan diambil untuk membawanya melalui jalur darat dengan ambulans.” “Penanganan dilanjutkan selama 40 menit berikutnya selama transfer menggunakan ambulans, tapi saturasi oksigen memburuk.

Tim medis melanjutkan dengan jarum thoracostomy bilateral dengan aspirasi udara dan darah.” “Selama transfer, mereka sudah memberitahu tim ICU di Hospital General de Catalunya tentang evolusi keadaan Salom. Salom tiba di rumah sakit pada 16.10 dan langsung dipindahkan ke bangsal darurat di mana CPR dilanjutkan oleh tim medis setempat.” “Saat di rumah sakit, Salom dipindahkan ke ruang operasi untuk menjalani laparotomy dari tim bedah.

Pasien kemudian dinyatakan meninggal pada 16.55. Baik prosedur evakuasi di sirkuit, pemindahan ke rumah sakit, dan penerimaan di rumah sakit telah dilakukan dengan standar tertinggi.”
Pihak motogp masih belum bisa menjelaskan secara resmi penyebab kecalakan luis salmon, “Penting untuk mengatakan bahwa hari ini kami belum punya penjelasan terkait kecelakaan itu,” ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, yang dikutip Crash.net. “Saya sudah ke sana dan Anda bisa melihat bekas ban. Tempat di mana Luis jatuh benar-benar di luar (jalur biasa),” tambahnya. “Dia tidak mengambil jalur untuk melewati tikungan. Sesuatu terjadi. Kami tidak tahu persis apa.

Kami sedang mempelajari motor, telemetri, dan hal-hal lainnya,” jelas Ezpeleta. “Namun, jika itu adalah sesuatu yang janggal yang tak bisa kami jelaskan; jika itu terjadi sekali itu bisa terjadi lagi,” katanya.

By : M. Taufiq

Sumber: detiksport.com, crash.net

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s