Mengalahkan Ego yang ada dalam Diri Anda dengan Mencari Tahu dan Mengenal Siapa Diri Anda Sebenarnya

EGO
Ilustrasi EGO (sumber:forum.spor1.ba)

Manusia adalah makhluk sosial, contohnya saja ketika kita menjadi bagian dari suatu keluarga. Selain mendapatkan hak tentu saja, kita juga memiliki kewajiban. Seringkali, kita merasa hak kita terabaikan atau merasa argumen kita yang paling benar. jika benar demikian, sebaiknya anda harus mulai membenahi diri karena bisa jadi anda sedang memiliki krisis kepribadian dalam diri anda. Ego merupakan gambaran dari kepribadian, konsep mengenai realitas dan keinginan dalam diri. Ketika ego berbanding lurus dengan realitas, tentu hal tersebut dianggap sebuah kewajaran. Namun, yang menjadi permasalahan jika ego yang begitu mendominasi sehingga merusak tatanan atau kesepakatan umum mengenai konsep kebenaran. Jika dibiarkan, orang yang tidak bisa mengalahkan egonya memiliki kecenderungan untuk bersifat apatis dan arogan, sehingga akan mempengaruhi kehidupan sosialnya atau dengan kata lain orang tersebut akan menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Konsekuensi logis ketika kita tidak mampu mengalahkan ego adalah dikucilkan masyarakat. Tentu saja hal ini tidak ingin dialami oleh siapapun. Oleh karena itu, ada baiknya anda mulai membenahi diri dengan lebih mengenal jati diri anda. Seseorang akan lebih mengenal dirinya lebih dari siapapun, sehingga dia akan mengerti apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak. Sehingga, pada prakteknya dia akan lebih bisa menahan diri untuk tidak berbuat hal yang tidak diperlukan. Jadi, hal yang bisa anda lakukan dalam menghindari konflik-konflik yang dapat terjadi dengan orang-orang di sekitar anda adalah dengan mengalahkan ego yang ada di dalam diri anda. Namun, perlu diketahui bahwa mengalahkan ego tidaklah mudah. Pertama-tama, seseorang harus bisa mengetahui posisinya di masyarakat atau lingkungan sekitarnya. Saat anda tau bahwa anda hanyalah suatu bagian kecil dari masyarakat, maka anda akan bisa mulai untuk menerima keberadaan orang lain dan menurunkan ego anda.

Kedua, anda harus bisa mengenal siapa diri anda. Mungkin hal ini terdengar mudah, tapi pada kenyataannya hal ini sangatlah sulit. Kebanyakan orang merasa bahwa mereka sudah mengenal siapa diri mereka sendiri, namun sebenarnya mereka hanya mengenal bagian luar dari diri mereka saja atau bisa dibilang hanya fisik mereka saja. Hal ini sangatlah wajar karena memang yang bisa mengenal diri kita hanyalah diri kita sendiri. Namun, ternyata pemahaman itu tidak dibarengi oleh tekad yang sungguh-sungguh dalam mengenal diri kita. Untuk mengetahui siapa diri anda, maka anda bisa mencoba untuk menelusuri berbagai macam pemahaman tentang penciptaan manusia. Jika anda sudah menemukan dan memahami siapa diri anda sebenarnya, maka anda akan bisa mengalahkan ego yang ada dalam diri anda sepenuhnya. Jika sudah sampai pada tahap tersebut, maka tidak akan sulit bagi anda untuk bisa bersosialisasi di lapisan masyarakat manapun. Dengan begitu, kehidupan sosial yang baik yang diidam-idamkan oleh semua orang bisa terwujud.

By : Lia Suratna

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s