Kunci Sukses dalam Invetasi Real Estate

shutterstock_130356110.jpg
Real Estate (sumber: http://www.forbes.com)

Di era digital ini, setiap orang  dapat mengakses segala bentuk kebutuhan dari kebutuhan primer sampai kebutuhan pelengkap hanya bermodalkan gadget dan internet. Tentu hal ini menjadi tantangan besar dan penjadi peluang besar bagi setiap pebisnis untuk berinovasi dalam memasarkan produk produk mereka. Baru baru ini yang sedang naik daun kembali  yaitu bisnis investasi real estate. Dengan konversi lahan secara besar besaran dan populasi penduduk perkotaan yang meningkat, menjadikan supply dan demand pemukiman menajadi bisnis yang sangat diperhitungkan. Sehingga tidak sedikit orang yang mulai berinvetasi di bisnis real estate ini.

Bagi anda yang ingin mulai bisnis ini, tidak harus seorang arsitek, memilki modal besar atau developer, karena pengetahuan tentang bisnis ini bisa didapat sambil berjalan nya waktu. Yang terpenting anda memiliki keinginan yang kuat dan mau berusaha mencari informasi sebanyak banyaknya. Mungkin sebagai awal yang baik, anda bisa membaca artikel yang berhubungan dengan proses jual beli real estate, mengenai kelegalan surat-surat pendukung berupa akta tanah atau surat perjanjian hak guna bangunan jika berupa apartemen, bentuk perjanjian tertulis lainnya yang dibutuhkan pada proses jual beli atau investasi real estate. Jika anda menjadi makelar, pastikan persentase pembagian hasil yang bisa anda peroleh dari penjualan unit real estate yang akan anda perjualbelikan.

Yang kedua ketika anda ingin memulai bisnis penjualan real estate adalah mengetahui harga pasaran. Dengan pengetahuan tersebut anda memiliki dasar harga yang nantinya akan membantu anda dalam menentukan  nilai jual  sehingga  mengurangi resiko kerugian. Anda juga harus memperhatikan trend atau keinginan pasar, trend minimalis dan modern saat ini cukup diminati sehingga akan lebih aman jika anda berinvetasi di jenis real esatate seperti itu.

Yang ketiga adalah pemasaran yang tepat, dengan berbagai kesibukan apalagi pekerja kantoran yang memilki sedikit waktu untuk mencari hunian. Tentu ini menjadi peluang bagi anda untuk memasarkan bisnis anda. Mulai dengan memasang iklan dengan contact person yang jelas di situs jual beli real estate. Harga yang negotiable menjadi nilai plus, dan pastikan anda memasang foto sesuai dengan kondisi aslinya.

Yang ke empat  adalah melatih kemampuan anda dalam menganalisis harga dan kemampuan negosiasi. Pastikan membeli atau menjual di saat yang tepat dengan harga yang tepat. Akan lebih baik jika anda meluangkan waktu untuk terjun langsung ke lapangan mencari real estate yang sedang atau akan diperjualbelikan. Tentunya dengan melakukan hal tersebut akan memberikan peluang yang besar bagi anda untuk mendapat harga yang relatif murah.

Yang terakhir dalam bisnis investasi real estate adalah selalu menjalin hubungan yang baik dengan calon pembeli juga ex pembeli. Dengan menciptakan testimoni yang baik tentu akan meningkatkan citra anda juga akan menciptakan peluang kerja sama yang menguntungkan di kemudian hari. Usahakan anda memiliki file atau data base calon aatau ex pembeli, agar suatu waktu anda bisa menawarkan kembali.

By : Lia Suratna

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s