Kriminolog: Pendidikan Seksual Sudah Kebutuhan Anak

Pendidikan Seks untuk Anak
Ibu adalah infroman penting pendidikan seksual bagi anak gadisnya

Dengan semakin maraknya kejadian kekerasan seksual yang dilakukan oleh anak-anak atau korbannya anak-anak, membuat kita prihatin mengapa mereka tega untuk berbuat demikian, siapakah yang patut untuk disalahkan mengenai hal ini, anak-anakkah atau justru orang tua yang seharusnya mendidik mereka, dimanakah peran keluarga atau orang tua.

Kejadian-kejadian kekerasan seksual yang dilakukan oleh anak-anak ini sebenarnya bisa dicegah secara dini, apabila anak-anak ini dibekali pendidikan agama, moral oleh orang tuannya. Ketika orang-orang berpikir bahwa pendidikan seksual sangatlah penting dan berpengaruh untuk mencegah kekerasan seksual yang dilakukan oleh atau kepada anak-anak  akhir-akhir ini. Tetapi mereka lupa bahwa bukan hanya pendidikan seksual saja yang harus dikenalkan lebih dini kepada anak-anak, tetapi yang sebenarnya adalah peran serta orang tua dalam membekali anak-anaknya dengan pengetahuan dan pendidikan Agama, atau nilai-nilai yang terkandung dalam agama. Pendidikan agamalah yang justru seharusnya diperkenalkan lebih dini kepada anak-anak.

Orang tua harus berperan aktif untuk mendidik anak-anaknya dengan memperkenalkan nilai-nilai keIslaman kepada anak-anaknya, peran orang tualah untuk memberikan pendidikan baik pendidikan seksual, agama dan lain-lainnya bukan sekolah. Peran orang tua ini sangat penting untuk mencegah pengaruh lingkungan dan pengaruh negatif yang timbul dari kemajuan teknologi dan informasi yang sangat dengan mudah diakses oleh anak-anak saat sekarang ini baik itu lewat alat komunikasi Hand Phone dan Gadget.

Sudah terbukti bahwa lingkungan dan teknologi informasi (Internet) adalah merupakan faktor yang sangat mempengaruhi perilaku anak-anak kita pada saat ini. Dan peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya serta dengan cara membekali anak-anaknya dengan pendidikan agama sejak dini adalah merupakan faktor utama yang dapat mencegah anak-anak dari pengaruh negatif lingkungan dan teknologi informasi (Internet).

Anak itu adalah amanah yang Allah berikan, yang Allah titipkan kepada kita sebagai orang tua, maka sepatutnyalah kita untuk menjaganya, memelihara apa yang telah Allah amanahkan kepada kita. Rangkulah mereka, didiklah mereka, bekalilah mereka dengan pendidikan agama yang baik, mereka adalah masa depan kita maka sepatutnya untuk dijaga dan dipelihara.

By : Riswan Rismawan

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s