Diberlakunya Perppu No.1 Tahun 2016 Mengenai Perlindungan Anak

160112102110_jokowi_johan_budi_2_640x360_lailysetpres
Presiden Jokowi menjelaskan tentang penerbitan Perpu Kebiri (Foto: Laly Setpres)

Baru-baru ini Presiden Joko Widodo mendatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Di dalam Perppu tersebut turut mengatur hukuman kebiri bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak-anak.

Seperti perkataan Presiden Jokowi pada saat jumpa Pers di Istana Merdeka, Jakarta, “Perppu ini untuk mengatasi kegentingan yang diakibatkan kekerasan seksual terhadap anak yang semakin meningkat signifikan.

Sanksi yang diatur berupa kebiri secara kimiawi serta pemasangan alat deteksi elektronik sehingga pergerakan pelaku bisa dideteksi setelah keluar dari penjara. Hukuman juga diperberat menjadi hukuman mati, hukuman seumur hidup, maksimal 20 tahun dan minimal 10 tahun penjara.

Dengan diberlakukannya Perppu ini apakah kejahatan seksual akan menurun pada tahun yang akan datang? Menurut Kak Seto setuju diberlakukannya Perppu no 1 tahun 2016 supaya memberi efek jera bagi pelaku kejahatan seksual dan memberi perlindungan aman terhadap anak-anak.

Yang dilakukan sekarang bagaimana penegakan hukumannya dilapangan aparat penegak hukum mulai dari kepolisian, kejaksaan sampai ke pengadilan.

Lain halnya dengan Lembaga kajian hukum Institute for Criminal Justice Reform yang mempersoalkan kebijakan kebiri kimia yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak karena dianggap masih bermasalah dan patut dipertanyakan. ICJR memadang lain yakni dengan hukuman mati sebagai bentuk jalan instan dari pemerintah dan tidak menunjukkan penanganan komprehensif atas kekerasan seksual terhadap anak.

By : M. Taufiq

Sumber : Detik.com, Republika.co.id dan Kompas.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s