Hati-hati Bagi Yang Suka Tidur Siang. Ternyata Selain Berdampak Positif , Tidur Siang Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Manusia.

Tidur Siang.jpg

Selama ini kita beranggapan bahwa meluangkan waktu untuk tidur siang di sela-sela waktu kerja kita, dapat bermanfaat untuk membuat pikiran kita menjadi lebih segar, dapat membuat pikiran kita menjadi lebih kreatif serta dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Tetapi ternyata, tidur siang bisa berdampak negatif bagi kesehatan manusia. Para peneliti telah menemukan kaitan rasa kantuk di siang hari dengan masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, stroke, diabetes melitus, bahkan penyebab tingkat kematian yang paling tinggi.

Alasannya, sebuah studi baru menemukan bahwa para pencuri waktu tidur di siang ternyata memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena tekanan darah tinggi atau Hipertensi, seperti kita ketahui Hipertensi adalah merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal, dan dapat menyebabkan peningkatan angka kematian. Hipertensi merupakan suatu keadaan tanpa gejala, dimana tekanan darah yang tidak normal didalam arteri dapat menyebabkan meningkatnya resiko terhadap Stroke, Aneurisma, gagal jantung, serangan jantung, dan kerusakan ginjal.

Para peneliti dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat, telah melakukan meta-analisis yang mencakup data dari 9 (Sembilan) studi observasional dengan 112.267 peserta.

dari hasil penelitian ini mereka menemukan fakta bahwa bagi mereka yang mencuri waktu untuk tidur di siang hari mengalami peningkatan 13-19 % resiko hipertensi. Hasilnya telah dipresentasikan dalam ’31st Annual Scientific Meeting of the American Society of Hypertension’ pada 13-17 Mei 2016 di Newyork City.

“Meta-analisis kami menunjukkan hubungan yang signifikan antara tidur siang dan hipertensi dengan waktu 30-60 menit berisiko lebih besar 1,17 kali meningkatkan hipertensi secara keseluruhan,” kata Dr Wisit Cheungpasitporn, selaku pemimpin penelitian dan seorang nephrologist.

Seperti dilansir dari News Nation, hipertensi adalah merupakan penyebab nomer satu untuk terkena serangan stroke. Hipertensi merupakan masalah kesehatan yang berkembang saat ini, dan penderitanya diharuskan untuk melakukan perubahan gaya hidup yaitu dengan lebih banyak untuk mengkonsumsi sayuran dan asupan air yang cukup.

by : Riswan Rismawan

Sumber : CNN Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s