Kekuatan Senyuman Untuk Menghadapi Segala Rintangan

ab9606b2-9543-463e-abe8-5a678e2b14b6

Senyum merupakan bahasa tubuh yang diinterpretasikan sebagai ungkapan kebahagiaan. Senyum sangat mudah dilakukan, namun karena kesibukan dan rutinitas kerja yang tiada habisnya membuat seringkali kita melupakan kegiatan yang paling membahagiakan ini. Kita tidak menyadari betapa besar kekuatan senyuman. Bahkan, dengan keanekaragaman bahasa, budaya, etnis, agama di seluruh dunia, senyum tetap diartikan sama. Banyak sekali dampak baik yang bisa kita rasakan jika kita sering tersenyum karena senyum akan sangat mempengaruhi hidup kita baik itu secara psikologis, kesehatan, maupun dalam kehidupan sosial.

Tanpa disadari dengan tersenyum kita akan menjadi lebih bahagia walau dengan kondisi tubuh yang tidak baik sekalipun. Itu karena ketika kita tersenyum, otak kita akan melepaskan hormon yang disebut hormon endorfin. Hormon ini akan membuat sesorang merasa tenang dan bahagia. Hormon ini memberikan efek seperti morphine. Bahkan, efeknya 200 kali lebih besar dibandingkan morphine. Secara tidak sadar, kekuatan senyuman memberikan manfaat yang besar pada tubuh kita. Seseorang yang sering tersenyum memilki sistem imun yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang jarang tersenyum. Senyum juga menjauhkan kita dari stres berlebihan. Secara medis, senyum juga mampu mengontrol tekanan darah kita. Dengan memperbanyak senyum, maka kita akan bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Sejak dulu, senyum dikenal sebagai obat awet muda alami. Untuk tersenyum, kita hanya memerlukan tiga belas otot wajah. Otot wajah ini yang akan mengangkat wajah anda sehingga terlihat lebih muda. Selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, kekuatan senyuman juga akan memberikan manfaat bagi orang lain. Ketika kita tersenyum dan orang lain ikut tersenyum, maka secara tidak langsung kita telah menularkan manfaat dari senyum tersebut kepada orang lain. Besarnya kekuatan senyuman tentu akan kita rasakan saat bertemu dengan orang baru atau pada saat interview. Tersenyum akan membawa aura positif, memberikan rasa percaya diri, dan memberikan kesan yang baik dan ramah. Tentunya, hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi anda yang akan melamar pekerjaan. Bagi wanita, tersenyum amatlah penting, selain meningkatkan rasa percaya diri, tersenyum juga akan membuatnya terlihat lebih cantik.

Senyum bisa sangat berarti ketika kita menggunakannya pada waktu yang tepat. Senyuman memudahkan kita dalam berinteraksi dengan setiap orang dan juga menjadi jurus andalan untuk mencairkan suasana. Senyum juga merupakan bentuk penghargaan sesorang kepada orang lain. Bahkan, beberapa pekerjaan menuntut setiap karyawannya untuk selalu tersenyum seperti customer service, security bank, atau pramuniaga. Tersenyum juga dipercaya bisa mendatangkan rejeki. Tentu saja hal tersebut sangat masuk akal. Sebagai calon pembeli, tentu kita akan memilih pramuniaga yang murah senyum ketimbang yang sering cemberut. Dengan semua manfaat dari kekuatan senyuman, tentu tidak ada salahnya jika kita memperbanyak tersenyum. Betapapun beratnya cobaan hidup, kita harus tetap tersenyum karena tersenyum merupakan sumber kekuatan untuk menghadapi setiap persoalan hidup.

By : Lia Suratna

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s