Wali Kota London Sadiq Khan: Saya Pemimpin Semua Umat

Sadiq Khan
Sadiq Khan saat diambil sumpahnya sebagai Wali Kota London (Foto: Yui Mok/Reuters)

LONDON – Wali kota baru London yang baru terpilih, Sadiq Khan, kembali menegaskan bahwa dirinya adalah pemimpin bagi seluruh warga ibu kota Inggris tersebut. Pria berdarah Pakistan itu memastikan dirinya adalah pemimpin bagi semua umat beragama, tidak hanya Muslim sebagaimana keyakinannya.

Dalam sensus terakhir, sekira 12,4 persen warga London adalah Muslim. Sebanyak 48,4 persen adalah umat Kristen dan 1,8 persen adalah umat Yahudi. Sedikitnya 20,7 persen warga London menyatakan diri tidak beragama.

“Mari saya jelaskan. Saya bukanlah pemimpin Muslim atau juru bicara Muslim. Saya Wali Kota London. Saya berbicara atas nama seluruh warga London,” ucap pria berusia 45 tahun itu dalam sebuah konferensi pers, seperti dimuat Channel News Asia, Kamis (12/5/2016).

Seperti diberitakan, Khan mencatatkan tinta emas sejarah sebagai Muslim pertama yang memimpin salah satu kota terbesar di dunia itu. Anak seorang sopir bus ini menganggap kemenangannya sebagai bukti menjadi Muslim dan warga Barat adalah hal yang mungkin. Mantan Menteri Transportasi Inggris tersebut meyakini bahwa nilai-nilai di Barat sejalan dengan Islam.

Dalam konferensi pers itu, Khan sempat menyatakan dukungannya agar Inggris tetap berada dalam naungan Uni Eropa (UE) jelang referendum pada 23 Juni 2016. Penyandang gelar Sarjana Hukum tersebut yakin menjadi anggota UE sangat krusial bagi kesejahteraan London.

“Krusial bagi London untuk tetap di UE. Setengah juta lapangan kerja bergantung pada UE,” serunya.

Khan menambahkan, dalam pertemuannya dengan Wali Kota Paris Anne Hidalgo, perempuan berusia 56 tahun itu bercanda jika London keluar dari UE maka dirinya harus menggelar karpet merah apabila Khan berkunjung ke kotanya.

Pria berdarah Pakistan, kelahiran Tooting, Inggris, tersebut bahagia jika harus berkampanye bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron meski pernah menuduhnya memiliki pandangan yang sama dengan teroris. Khan menganggap kerjasama itu lebih penting daripada perbedaan partai politik. Seperti diketahui, Khan berasal dari Partai Buruh sedangkan Cameron berasal dari Partai Konservatif.

(wab) Wikanto Arungbudoyo : Jurnalis Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s